Kabar Nagari

Perbaikan Jembatan Korong Lansano, Wujud Kepedulian BNI

Wakil Pimpinan BNI Wilayah Sumbar, Riau dan Kepri, Firmansyah, secara simbolis menyerahkan bantuan renovasi jembatan gantung Korong Lansano, kepada Walinagari Sikucur, Melfi Yardi di Lansano, Kamis (30/4). Proses serah terima bantuan di tengah pandemi Covid-19 tersebut berlangsung singkat. Selama penandatanganan kesepakatan, seluruh pihak terkait dan masyarakat yang datang tetap memperhatikan protokol kesehatan, seperti menjaga jarak (physical distancing), menghindari kerumunan dan menggunakan masker.

Dalam sambutannya, Firmansyah, menyampaikan bahwa bantuan BNI dengan dana Corporate Social Responsibility (CSR) ini adalah sebagai wujud kepedulian BNI terhadap kemaslahatan masyarakat. “Dimana BNI membagi sebagian penghasilannya atau pendapatannya untuk kemaslahatan masyarakat umum, salah satunya adalah dengan membantu renovasi jembatan Korong Lansano ini,” kata Firman.

Melalui dana CSR yang telah dialokasikan tersebut pihak BNI berharap agar bantuan jembatan Korong Lansano pada tahun anggaran 2020 ini bisa memberikan manfaat kepada masyarakat Nagari Sikucur. “Harapan kami tentu saja bantuan ini bisa memberikan manfaat kepada masyarakat Sikucur yang dibawahi Walinagari Melfi Yardi. Tentu saja, dengan adanya akses Jembatan ini terutama dapat memberikan manfaat ekonomi. Seperti hasil pertanian masyarakat dengan mudah diangkut ke tempat pemasaran,” tambahnya.

“Harapan kami kedepan, kalau ada bantuan lain, mana tahu bisa juga kami bantu. Pada kesempatan ini kami sampaikan salam dari pimpinan wilayah kami di Pekanbaru, kebetulan hari ini beliau tidak bisa datang,” tuturnya.

Terkait pelaksanaan serah terima yang dilakukan secara sederhana, Firman, berkata saat ini kondisi tidak memungkinkan. Biasanya, memang BNI selalu melakukan seremonial tiap acara serah terima bantuan kepada masyarakat.

“Saat ini kita sedang dalam kondisi sepi, sesuai protokol Covid19, dimana tidak boleh lebih dari lima orang, ini sudah cukuplah. Sesuai arahan kemaren, dalam menyampaikan bantuan simbolis ini agar dilakukan secara sederhana saja,” tutupnya.

Pada kesempatan itu, Walinagari Sikucur, Melfi Yardi, juga sampaikan ucapan terimakasih pada pihak BNI yang telah memberikan bantuan kepada Nagari, khususnya Korong Lansano.

“Jembatan Gantung Lansano, selama ini alami kerusakan yang parah, tidak bisa ditempuh lagi oleh masyarakat,” ujar Wali.

“Alhamduillah, berkat bantuan BNI Jembatan kami kini sudah bisa dilalui kembali. Tentu, bantuan ini sangat besar sekali manfaatnya bagi masyarakat kami. Atas nama Pemerintah Nagari, kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada pihak BNI beserta staff yang telah berkenan hadir di sini,” ucapnya.

“Harapan kami kedepannya, semoga kerjasama antara Nagari Sikucur dengan pihak BNI terus berlanjut,” harapnya.

Terpisah, H. Refrizal, selaku tokoh masyarakat Nagari Sikucur, juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada BNI dan seluruh pihak yang terlibat selama proses pengerjaan jembatan gantung tersebut.

“Kami ucapkan terimakasih kepada BNI Pusat dan BNI Cabang Sumatera Barat atas terwujudnya renovasi jembatan gantung Lansano di Nagari Sikucur, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Padang Pariaman,” kata H. Refrizal melalui sebuah meme yang ia posting di akun FB miliknya.

Jembatan gantung Lansano di Nagari Sikucur ini, kondisinya saat ini sudah jauh lebih bagus. Bahkan sudah dipasang lampu sorot dan portal buka tutup sesuai permintaan masyarakat. Sebelumnya, kondisi jembatan gantung ini sangat memprihatinkan.

Diperbaikinya jembatan ini, tak lepas dari peran H. Refrizal, yang menjadi penghubung dan memfasilitasi antara masyarakat dengan pihak BNI. Dirinya mengetahui kondisi jembatan tersebut sebelumnya dari video yang dibagikan di salah satu Grup WA Karang Taruna Nagari. Video tersebut memperlihatkan kondisi jembatan gantung Lansano yang sudah rusak parah.

“Dulu jembatan itu lantainya kayu dan keadaannya rusak, sehingga susah dilewati masyarakat. Padahal jembatan ini sangat penting keberadaannya bagi masyarakat,” ujar H Refrizal yang merupakan ketua umum Persatuan Keluarga Daerah Piaman (PKDP) ini.

Setelah menerima video kondisi jembatan tersebut terang H Refrizal, ia mengirimkannya ke Dirut BNI saat itu agar bisa dibantu untuk diperbaiki. Beberapa hari kemudian ungkapnya, pihak BNI datang ke lokasi untuk melakukan survei.

Selanjutnya ungkap H Refrizal, BNI meminta kepada pihak nagari untuk membuat proposal yang ditujukan ke BNI. Pihak nagari pun menyerahkan proposal tersebut ke BNI wilayah Sumbar. Bahkan, Ia terus mengawal proses pengerjaan jembatan tersebut hingga selesai. Dirinya juga berpesan agar masyarakat bisa merawat jembatan ini dengan baik.

Masyarakat Nagari Sikucur pun berterima kasih kepada H Refrizal yang telah memfasilitasi dengan pihak BNI untuk memperbaiki jembatan gantung Lansano ini. “Kami sangat senang dan bersyukur. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada bapak H Refrizal dan pihak BNI karena telah membantu memperbaiki jembatan gantung ini,” ujar Ketua Karang Taruna Sikucur Sepakat (KTTS), Akbar Fithriansyah.

Turut hadir pada acara serah terima bantuan Jembatan Lansano tersebut, Bhabinkamtibmas Nagari Sikucur, Firdaus, Ketua Karang Taruna Sikucur Sepakat, Akbar Fithriansyah, tokoh masyarakat dan pemuda setempat. (Kontributor : AKB)

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *